Sabtu, 31 Maret 2012


NUNTUT NGELMU DAN BEGURU DALAM BUDAYA DJAWA
(Menelaah Nilai-Nilai Pengetahuan/ngelmu dalam Serat Wedhathama dan Relevansinya dengan Nilai ke- Islaman)

Ahmad Syafi’i Rahman. MSi

Ngelmu iku, kelakone kanthi lakuLekase lawan kas, tegase kasnyantosani Satya budya pangekese dur angkar[1]
A.   Pendahuluan

Dalam masyarakat Islam tradisionalis menuntut ilmu adalah sebuah pengabdian kepada Tuhan, segala yang terkait dengan proses mencari ilmu selalu diarahkan kepada tujuan tersebut. Seorang guru yang kemudian lebih dikenal dalam komunitas tradisi jawa dipanggil sebagai kiai, sangat dimuliakan, seorang kiai adalah pengemban amanat untuk menyebar luaskan ilmu-ilmu Allah kepada masyarakat banyak.
Seorang pencari ilmu juga memiliki kedudukan yang tinggi dalam masyarakat Islam tradisionalis, seorang pemuda yang berani untuk melanjutkan belajar ke pesantren-pesantren yang besar dan masyhur dan biasanya berada jauh dari tempat tinggalnya dipandang sebagai seorang yang istimewa oleh masyarakat sekitarnya. Kemampuannya untuk berlaku prihatin, jauh dari rumah menahan kerinduan, melakukan tirakat dan mempelajari ilmu agama mendapat apresiasi tinggi dari masyarakatnya, mereka berharap pemuda itu akan menjadi seorang alim yang dapat mengajarkan berbagai kitab dan memimpin masyarakat dalam kegiatan keagamaan.[2]
          Salah satu wujud dan sifat khas masyarakat Jawa adalah bersikap prihatin dengan mengutamakan lelaku. Mengutamakan lelaku disini bertujuan untuk menuju kepada jalan makrifat mencapai ‘Jumbuhing Kawula lan Gusti’.
Ajaran kejawen tentang thalabul ilmi atau tentang menuntut ‘ngelmu dan lelaku’ dapat kita jumpai dalam ‘Serat Wedhatama’ karangan Sri Mangkunegara IV, Pupuh II – tembang Pucung.[3]
Jika ajaran diatas diterapkan dalam kehidupan nyata maka mengandung makna bahwa untuk mencapai kesuksesan dan kesejahteraan hidup, entah itu dalam hal material maupun spiritual diperlukan sebuah dasar pondasi yang kuat dan kokoh, kemudian harus memahami dasar ilmu tersebut baik secara teoritis maupun aplikatif melalui praktik (lelaku) dalam kehidupan riil.
Maka, penulis merasa perlu untuk membahas konsep Ngelmu dan berguru dalam perspektif budaya Jawa dan relevansinya dengan nilai-nilai konsep Islam.
B.   Kenapa Harus Merujuk Kepada Serat Wedhatama
Serat Wedhatama merupakan warisan budaya yang hingga kini masih cukup dikenal di kalangan sebagian masyarakat Jawa. Proses pewarisan nilai-nilai budaya tersebut tidak melalui jalur struktural, termasuk sistem Nuntut ngelmu melalui pendidikan formal, melainkan melalui jalur kultural. Kenyataan ini mengindikasikan prediksi bahwa ke depan Serat Wedhatama sebagai bagian dari budaya Jawa akan tetap bertahan, meskipun menghadapi gempuran budaya kontemporer. Dengan demikian benturan budaya tersebut akan tetap berlangsung dalam waktu yang panjang. Benturan budaya tersebut pada tingkatan yang ekstrim dapat menimbulkan benturan antar pendukung kebudayaan, yang kadang-kadang menimbulkan ketegangan dalam masyarakat.
Serat Wedhatama yang telah berusia sekitar 150 tahun menunjukkan bahwa karya sastra tersebut mempunyai kemampuan bertahan yang cukup kuat. Dalam masa tersebut Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, telah mengalami beberapa kali perubahan zaman. Dari perspektif sejarah telah dilalui zaman penjajahan Belanda, zaman kebangkitan nasional, zaman pendudukan Jepang, zaman kemerdekaan dengan beberapa kali pergantian rezimnya. Dari perspektif sosiologi telah dilalui kehidupan masyarakat agraris-tradisional yang panjang hingga kehidupan masyarakat yang menuju ke arah industri-modern. Semua bentuk perubahan tersebut tentu membawa dampak budaya yang cukup besar, namun ternyata Serat Wedhatama masih bertahan hidup.

C.   Mengenal Serat Wedhatama
Secara harfiah, Serat Wedhatama berasal dari kata-kata: serat  yang berarti tulisan; wedha yang berarti ajaran atau ilmu pengetahuan; dan tama berasal dari kata utama yang berarti kebaikan. Jadi Serat Wedhatama berarti tulisan yang berisi tentang ajaran kebaikan atau tuntunan moral. Serat Wedhatama adalah karya sastra dalam bentuk tembang, sebagaimana dinyatakan pada bagian awal buku tersebut yang berbunyi: sinawung resmining kidung, yang artinya: dihias dengan indahnya lagu (tembang).
Serat Wedhatama pada umumnya dikenal sebagai buku tembang yang berisi ajaran moral karangan KGPAA Mangkunegara IV, dengan nama kecil Sudira, yang lahir pada 1811.
Tembang-tembang dalam  Serat Wedhatama dikategorikan dalam jenis tembang macapat.
Macapat  itu berasal dari kata maca cepet (cara membacanya dengan cepat). Akronimnya adalah macapet, namun dalam perkembangannya agar enak didengar menjadi macapat. Ketiga, tembang macapat termasuk jenis sekar (tembang) klasisifikasi empat. Klasifikasi satu adalah sekar ageng sapadaswara. Klasifikasi dua adalah sekar ageng sapadadirga. Klasifikasi tiga adalah sekar tengahan.
        Menurut Suwarno,[4] sebagian besar pendapat mengatakan bahwa tembang macapat terdiri dari 11 macam tembang. Sebagian ada yang mengatakan hanya 9 macam tembang, namun malah ada juga yang mengatakan 15 macam tembang. Macam-macam tembang tersebut adalah : (1) Mijil; (2) Kinanthi; (3) Sinom; (4) Asmaradana; (5) Dhandanggula; (6) Maskumambang; (7) Durma; (8) Pangkur; (9) Pocung; (10) Gambuh; (11) Megatruh; (12) Balabak; (13) Wirangrong; (14) Jurudemung; (15) Girisa.
       Penamaan tembang-tembang tersebut menggambarkan tahap-tahap perkembangan hidup manusia. Kehidupan manusia dimulai  dari lahir (mijil) dan dilanjutkan masa kanak-kanak yang masih dibimbing atau digandeng (kinanthi) orang tua.  Selanjutnya tahapan  masa muda (sinom) dan mengenal asmara (asmaradana). Pada tahapan selanjutnya orang merancang kehidupan yang baik, manis, indah, sejahtera (dandanggula). Pada perkembangan selanjutnya orang sudah memikirkan kebaikan atau keutamaan, namun belum mengendap (maskumambang). Perkembangan selanjutnya, orang memasuki masa tua, yang seharusnya sudah mundur dari ‘ma lima’ (durma). Tahapan selanjutnya ditandai dengan sikap yang menghindari (nyimpang) dan mengesampingkan atau membelakangi (mungkur) berbagai urusan duniawi (pangkur). Kehidupan manusia akan berakhir dengan kematian dan kemudian dikafani (pocung).
D.   Makna Nilai-Nilai Model Nuntut Ngelmu dalam Serat Wedhatama
        Inferensi atau pemaknaan nilai-nilai model nuntut ngelmu dalam Serat Wedhatama dikelompokkan ke dalam unit-unit tematik, yang dikonstruk menjadi tema-tema : etika pribadi, etika sosial, dan etika terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.  Dalam inferensi atau pemaknaan ini juga dikaitkan dengan konteks ruang dan waktu, baik yang bersifat historis, sosiologis, maupun kultural.



1.     Etika Pribadi
Kandungan nilai-nilai model nuntut ngelmu yang terkait dengan etika pribadi adalah beberapa ajaran atau petuah sebagai berikut:
a.        Jangan menjadi orang yang lemah budinya dan tumpul perasaannya (tan mikani rasa), sebab orang yang lemah budinya dan tumpul perasaannya, meskipun sudah tua, ia bagaikan sepah tebu dan ketika dalam pertemuan sering bertindak memalukan (gonyak-ganyuk nglelingsemi) (Pangkur bait ke 2).
b.        Sebaiknya mempelajari ilmu sejati, yang membuat nyaman di hati. Ilmu ini mengajarkan agar menerima dengan senang hati jika dianggap bodoh (bungah ingaran cubluk) dan tetap gembira jika dihina (sukeng tyas yen den ina) (Pangkur bait ke 5).
c.         Hidup yang hanya sekali ini jangan sampai berantakan (uripe sepisan rusak). Orang yang demikian, pikirannya tidak berkembang dan kacau (nora mulur nalare pating seluwir), ibarat dalam gua yang gelap (kadi ta guwa kang sirung), picik pengetahuannya, namun sombong. Anak yang demikian, jika menghadapi kesulitan, ia mengandalkan orang tuanya yang bangsawan (pelayune ngendelken yayah wibi, bangkit tur bangsaning luhur) (Pangkur bait ke 6-8).
d.        Petuah agar berguru tentang kebaikan (puruita kang patut), Juga agar berguru pada orang bijak yang berjiwa pertapa (sarjana kang martapi), untuk memahami ilmu yang hakiki (Pangkur bait ke 10-11).
e.         Petuah agar meniru perilaku yang baik (laku utama), yang dicontohkan oleh Panembahan Senopati, raja Mataram (wong agung ing Ngeksiganda). Ia sungguh-sungguh dalam menekan hawa nafsu (kapati amarsudi sudaning hawa lan nefsu), yang dijalani dengan bertapa (pinesu tapa brata). Ia berusaha membuat senang hati orang lain dan dalam setiap pertemuan ia membuat suasana tenteram. Di kala tiada kesibukan ia berkelana mencari ilham (kala kalaningasepi lelana teki-teki), untuk mencapai cita-cita (nggayuh geyonganing kayun), yang terpesona pada ketenteraman hati (kayungyun eninging tyas), senantiasa menjalani prihatin, kuat dalam mengurangi makan dan tidur (puguh panggah cegah dhahar lawan nendra). Setiap pergi meninggalkan istana, ia berkelana ke tempat yang sunyi (lelana laladan sepi) untuk menyerap kesempurnaan ilmu agar jelas apa yang dituju. Tujuannya untuk mencapai kehalusan budi (budya tulus) dan kemampuan yang optimal (mesu reh kasudarman). Di tepi samodra (neng tepining jalanidhi), ia memahami kekuasaan samodra, yang seakan digenggamnya dalam satu genggaman. (Sinom bait ke 15-18).
f.          Petuah tentang tiga nilai yang mengangkat kedudukan manusia, yaitu pangkat, harta, dan kepintaran (wirya harta tri winasis). Jika seseorang tidak memiliki satu pun di antara ketiganya, maka tidak ada artinya sebagai manusia, bahkan lebih berharga daun jati kering, sehingga ia menjadi peminta-minta atau gelandangan (kalamun kongsi sepi saka wilangan tetelu, telas tilasing janma, aji godhong jati aking, temah papa papariman, ngulandara). (Sinom bait ke 29)
g.        Ajaran bahwa ilmu itu dapat tercapai dengan diamalkan (ngelmu iku kelakone kanthi laku), yang dimulai  dengan kemauan kuat. Adapun budi yang baik akan mampu menghancurkan nafsu angkara yang berada di dalam diri manusia itu sendiri (Pucung bait ke 33-34).
h.        Ajaran bahwa orang yang terpesona pada kehidupan ruhani (wus sengsem reh ngasamun), bersifat pemaaf dan  sabar. Dalam sunyi, hati yang jahat dapat ditenggelamkan oleh cinta kasih (karana karoban ing sih) (Sinom bait ke 35-37).
i.          Pandangan bahwa ilmu itu harus sejalan dengan nalar (logika) (ngelmu iku mupakate lan panemu) dan untuk mencapainya dengan bertapa (pasahe lan tapa). (Sinom bait ke 42).
j.          Ajaran tentang tiga hal yang perlu dijadikan pegangan, yaitu: rela jika kehilangan sesuatu, menerima dengan sabar jika mendapat perlakuan yang menyakitkan hati, ikhas menyerahkan diri pada Tuhan (lila lamun kelangan nora gegetun, trima lamun ketaman saserik sameng dumadi, legawa nalangsa srah ing bathara) (Sinom bait ke 43).
k.        Petuah tentang sifat-sifat angkara, yang kesukaannya mencaci maki tanpa isi, asalkan marah-marah (kareme anguwus-uwus, uwose tan ana, mung janjine muring-muring), kesalahannya sendiri ditutupi, kemarahannya  dilampiaskan untuk memukul orang lain, belum seberapa ilmunya namun ingin dianggap pandai, itupun sering terhalang oleh pamrih (Sinom bait ke 15-18).
l.          Untuk melaksanakan petuah-petuah dalam tembang ini, orang harus sentausa dan teguh budinya. Demikian pula harus sabar, tawakal, ikhlas di hati, rela dan menerima segala keadaan, berjiwa pandhita, dan paham terhadap akhir dari hidup ini (Gambuh bait ke 73).
m.     Petuah agar segala tindak-tanduk dikerjakan sekedarnya (tidak berlebihan), memberi maaf kesalahan orang kain (den ngaksama kasisipaning sesami), menghindari tindakan tercela dan sifat angkara (sumimpanga ing laku dur) (Gambuh bait ke 74).
n.        Petuah agar orang mampu membedakan antara baik dan buruk, agar terpancar pelita yang menerangi hati (pandaming kalbu) (Gambuh bait ke 75).
o.        Petuah agar dalam hidupnya, orang berbekal ingat dan waspada (eling lan waspada; awas lan eling). Ingat yang dimaksud adalah ingat pada petunjuk atau contoh pelajaran yang diberikan oleh alam (eling lukitaning alam) (Kinanthi bait ke 83).
p.       Petuah agar mempertajam perasaan (angulah lantiping ati) dan menyingkirkan hawa nafsu agar menjadi manusia yang berbudi luhur (bengkas kahardaning driya, supaya dadya utami) (Kinanthi bait ke 84).
q.        Ajaran tentang cara mempertajam hati, yaitu dengan samadi di tempat yang sunyi (pangasahe sepi samun). Ketajamannya dapat mengikis gunung penghalang, yang menjadi penghalangnya budi (bengkas kahardaning driya, kekes srabedaning budi) (Kinanthi bait ke 85).
r.         Petuah agar waspada, artinya mengetahui penghalang dalam hidup (wruh warananing urip). Juga agar tidak lengah dalam hati (aywa sembrana ing kalbu) dan memperhatikan pada kata-kata yang diucapkan sendiri, menghilangkan keraguan dalam hati, dan waspada dalam memandang sesuatu (waspada ing pangeksi) (Kinanthi bait ke 86-88).
s.         Petuah agar tidak membiasakan diri berbuat nista (awya mematuh nalutuh), hati-hati terhadap berbagai rintangan dalam hidup. Umpama orang berjalan, jalan yang berbahaya dilalui, apabila kurang waspad, dapat tertusuk duri (sayekti kasandung ri) atau terantuk batu (Kinanthi bait ke 88-90).
t.          Petuah agar tidak seperti diibaratkan ‘berobat sesudah terluka’ (atetamba yen wus bucik). Yang demikian itu, meskipun orang mempunyai pengetahuan, tetapi tidak ada gunanya, sehingga pengetahuannya hanya untuk mencari nafkah dan pamrih (kawruhe kinarya ngupaya kasil lan melik) (Kinanthi bait ke 91-93).
u.        Ajaran bahwa syarat menjalani ilmu sejati (lakune ngelmu sejati) adalah tidak iri dan dengki (tan dahwen pati openan), tidak berhati panas (tan panasten), tidak mengganggu orang lain (nora jail), tidak melampiaskan hawa nafsu (tan njurung ing kahardan), namun hanyalah diam agar tenang (amung eneng amrih ening) (Kinanthi bait ke 94).
v.        Petuah agar mengikuti kebaikan-kebaikan yang telah diajarkan itu sebagai langkah mencapai kemuliaan. Meskipun tidak mampu untuk persis, tetapi harus ikhtiar semampunya. Jika tidak demikian berarti sungguh rugi hidup ini (yekti tuna tinitah) (Kinanthi bait ke 99-100).

       Berdasar uraian tersebut tampak bahwa Serat Wedhatama menekankan pentingnya pendidikan bagi setiap orang. Sebagaimana ajaran-ajaran dalam kultur Jawa, termasuk dalam Serat Wulang Reh, pendidikan yang dimaksud lebih menekankan pada pengembangan hati, rasa, emosionalitas, atau bahkan spiritualitas. Hal itu terungkap pada pesan agar: mempertajam perasaan (angulah lantiping ati),  menyingkirkan hawa nafsu agar menjadi manusia yang berbudi luhur (bengkas kahardaning driya, supaya dadya utami), dan jangan menjadi orang yang lemah budinya dan tumpul perasaannya (tan mikani rasa). Serat Wedhatama memberi pujian pada orang yang terpesona pada kehidupan ruhani (wus sengsem reh ngasamun), yang sifatnya pemaaf dan  sabar. Sebagaimana ajaran Serat Wulang Reh, pengembangan hati, rasa, emosionalitas, atau bahkan spiritualitas itu akan menghasilan ‘ilmu sejati’, yang membuat nyaman di hati. Orang yang telah memiliki ilmu ini akan menerima dengan senang hati jika dianggap bodoh (bungah ingaran cubluk) dan tetap gembira jika dihina (sukeng tyas yen den ina).
       Namun demikian, Serat Wedhatama juga menekankan pentingnya pengembangan akal, pikiran, rasionalitas, atau intelektualitas. Hal itu terungkap pada pesan agar: jangan sampai hidup yang hanya sekali ini berantakan (uripe sepisan rusak), yaitu orang yang pikirannya tidak berkembang dan kacau (nora mulur nalare pating seluwir), ibarat dalam gua yang gelap (kadi ta guwa kang sirung), sehingga picik pengetahuannya. Pandangan bahwa ilmu itu harus sejalan dengan pendapat akal sehat (nalar, logika) (ngelmu iku mupakate lan panemu).
       Tentang etos belajar (menuntut ilmu), terutama “ilmu sejati’ yaitu dengan samadi di tempat yang sunyi (pangasahe sepi samun) atau dengan bertapa (pasahe lan tapa). Dalam sunyi, hati yang jahat dapat ditenggelamkan oleh cinta kasih (karana karoban ing sih) Oleh karena itu, pencapaian ilmu itu harus dijalani dengan suatu proses (ngelmu iku kelakone kanthi laku) dan dimulai dengan kemauan kuat (lekase klawan kas). Syarat untuk menjalani ilmu sejati (lakune ngelmu sejati) adalah tidak iri dan dengki (tan dahwen pati openan), tidak berhati panas (tan panasten), tidak mengganggu orang lain (nora jail), tidak melampiaskan hawa nafsu (tan njurung ing kahardan), tetapi lebih menyukai diam agar tenang (amung eneng amrih ening). Untuk itu dianjurkan agar berguru pada orang bijak yang berjiwa pertapa (sarjana kang martapi). Orang hendaknya tidak menggunakan pengetahuannya semata-mata hanya untuk mencari nafkah dan pamrih (kawruhe kinarya ngupaya kasil lan melik).
       Serat Wedhatama mengajarkan tiga hal yang perlu dijadikan pegangan, yaitu: rela jika kehilangan sesuatu (lila lamun kelangan nora gegetun),  menerima dengan sabar jika mendapat perlakuan yang menyakitkan hati (trima lamun ketaman saserik sameng dumadi), ikhas menyerahkan diri pada Tuhan (legawa nalangsa srah ing bathara).
       Serat Wedhatama mengajarkan tiga nilai yang mengangkat kedudukan manusia, yaitu pangkat, harta, dan kepintaran (wirya harta tri winasis). Jika seseorang tidak memiliki satu pun di antara ketiganya, maka tidak ada artinya sebagai manusia, bahkan lebih berharga daun jati kering, sehingga ia menjadi peminta-minta atau gelandangan (kalamun kongsi sepi saka wilangan tetelu, telas tilasing janma, aji godhong jati aking, temah papa papariman, ngulandara).
       Serat Wedhatama mengajarkan agar dalam hidupnya, orang berbekal ingat dan waspada (eling lan waspada; awas lan eling). Ingat yang dimaksud adalah ingat pada petunjuk atau pelajaran yang diberikan oleh alam (eling lukitaning alam). Adapaun maksud waspada adalah mengetahui penghalang dalam hidup (wruh warananing urip), tidak lengah dalam hati (aywa sembrana ing kalbu) dan memperhatikan pada kata-kata yang diucapkan sendiri, menghilangkan keraguan dalam hati, dan waspada dalam memandang sesuatu (waspada ing pangeksi).  Orang jangan sampai  diibaratkan ‘berobat sesudah terluka’ (atetamba yen wus bucik). Yang demikian itu, meskipun orang mempunyai pengetahuan, tetapi tidak ada gunanya.
       Serat Wedhatama mengajarkan agar segala tindak-tanduknya tidak berlebihan, memberi maaf kesalahan orang kain (den ngaksama kasisipaning sesami), menghindari tindakan tercela dan sifat angkara (sumimpanga ing laku dur). Orang juga harus mampu membedakan antara baik dan buruk, agar terpancar pelita yang menerangi hati (pandaming kalbu). Juga dipesankan  agar orang mengikuti kebaikan-kebaikan yang telah diajarkan dalam buku itu sebagai langkah mencapai kemuliaan. Meskipun tidak mampu untuk persis, tetapi harus berikhtiar semampunya. Jika tidak demikian berarti sungguh rugi hidup ini (yekti tuna tinitah).
       Serat Wedhatama mengajarkan agar orang menghindari sifat-sifat angkara dan perbuatan nista (awya mematuh nalutuh). Sifat angkara itu suka mencaci maki tanpa isi, asalkan marah-marah (kareme anguwus-uwus, uwose tan ana, mung janjine muring-muring) dan  kemarahannya  dilampiaskan untuk memukul orang lain.
       Serat Wedhatama memberikan contoh sosok Panembahan Senopati, raja Mataram pertama (wong agung ing Ngeksiganda), sebagai modeliing dalam model nuntut ngelmu dan tingkah laku yang terpuji (laku utama).  Bait ini cukup populer di kalangan masyarakat Jawa. Panembahan Senopati digambarkan sebagai pribadi yang sungguh-sungguh dalam menekan hawa nafsu (kapati amarsudi sudaning hawa lan nefsu), yang dijalani dengan bertapa (pinesu tapa brata). Ia berusaha membuat senang hati orang lain dan dalam setiap pertemuan ia membuat suasana tenteram. Di kala tiada kesibukan ia berkelana mencari ilham (kala kalaningasepi lelana teki-teki), untuk mencapai cita-cita (nggayuh geyonganing kayun), yang terpesona pada ketenteraman hati (kayungyun eninging tyas), senantiasa menjalani prihatin, kuat dalam mengurangi makan dan tidur (puguh panggah cegah dhahar lawan nendra). Setiap pergi meninggalkan istana, ia berkelana ke tempat yang sunyi (lelana laladan sepi) untuk menyerap kesempurnaan ilmu agar jelas apa yang dituju. Tujuannya untuk mencapai kehalusan budi (budya tulus) dan kemampuan yang optimal (mesu reh kasudarman). Di tepi samodra (neng tepining jalanidhi), ia memahami kekuatan samodra, yang baginya seakan digenggamnya dalam satu genggaman.
2.      Etika Sosial
         Kandungan nilai-nilai model nuntut ngelmu yang terkait dengan etika sosial adalah beberapa ajaran atau petuah sebagai berikut:
a.  Jangan sampai bertindak kurang sopan santun dalam pertemuan, sehingga memalukan  (gonyak-ganyuk nglelingsemi) (Pangkur bait ke 2).
b.  Jangan bertindak semaunya sendiri (nggugu karepe priyangga). Sifatnya, jika berbicara tanpa dipikirkan lebih dahulu, tidak mau dianggap bodoh, dan mabuk pujian (Pangkur bait ke 3-4).
c.   Jangan berperilaku seperti perilakunya orang yang dungu, yang bualannya tidak karuan dan tidak masuk akal (ngandhar-andhar angendhukur, kandhane nora kaprah). Orang yang dungu itu  selalu sombong (anggung gumrunggung) dan ingin dipuji setiap hari (ugungan sedina-dina)  Sebaliknya, jadilah  orang yang bijaksana, yang dalam menanggapi orang yang dungu dengan cara yang halus (sinamun ing samudana)  dan baik (sesadon ing adu manis) (Pangkur bait ke 3-5).
d.  Namun berantakan (uripe sepisan rusak). Orang yang demikian, pikirannya tidak berkembang dan kacau (nora mulur nalare pating seluwir), ibarat dalam gua yang gelap (kadi ta guwa kang sirung), picik pengetahuannya, namun sombong. Anak yang demikian, wataknya tampak ketika bertutur kata, tak mau kalah (lumuh asor kudu unggul), sombong dan meremehkan orang lain (sumengah sesongaran).(Pangkur bait ke 6-8)
e.   Petuah agar berguru tentang kebaikan (puruita kang patut), serta dapat menempatkan diri (traping angganira) dan mematuhi tatanan negara (angger ugering keprabon) (Pangkur bait ke 10-11).
f.    Ajaran bahwa budi yang baik itu biasanya pandai bergaul dengan berbagai kalangan (bangkit ajur ajer). Meskipun pengetahuannya yang benar berbeda dengan pendapat orang lain, ia bersikap baik, sekedar untuk menyenangkan hati orang lain (mung ngenaki tyasing lyan). Oleh karena itu hendaknya dapat berpura-pura bodoh (den bisa mbusuki ujaring janmi). (Kinanthi bait ke 95-98).

       Serat Wedhatama mengajarkan agar orang jangan sampai bertindak kurang sopan santun dalam pertemuan, sehingga memalukan  (gonyak-ganyuk nglelingsemi). Demikian juga, jangan bertindak semaunya sendiri (nggugu karepe priyangga). Sifatnya, jika berbicara tanpa dipikirkan lebih dahulu, tidak mau dianggap bodoh, dan mabuk pujian. Orang harus dapat menempatkan diri (traping angganira) dan mematuhi tatanan negara (angger ugering keprabon).
       Dalam pandangan Serat Wedhatama, orang yang baik budinya itu biasanya pandai bergaul dengan berbagai kalangan (bangkit ajur ajer). Meskipun pengetahuannya benar dan berbeda dengan pendapat orang lain, ia bersikap baik, sekedar untuk menyenangkan hati orang lain (mung ngenaki tyasing lyan). Oleh karena itu kadang kala ia  berpura-pura bodoh (den bisa mbusuki ujaring janmi). Orang yang bijaksana akan menanggapi orang yang dungu dengan cara yang halus (sinamun ing samudana)  dan baik (sesadon ing adu manis).
       Serat Wedhatama mengajarkan agar jangan berperilaku seperti perilakunya orang yang dungu, yang bualannya tidak karuan dan tidak masuk akal (ngandhar-andhar angendhukur, kandhane nora kaprah). Orang yang dungu itu suka sombong (anggung gumrunggung) dan ingin dipuji setiap hari (ugungan sedina-dina). Orang yang picik pengetahuannya, namun sombong, wataknya tampak ketika bertutur kata, tak mau kalah (lumuh asor kudu unggul), dan meremehkan orang lain (sumengah sesongaran).
3.     Etika terhadap Tuhan Yang Maha Esa

     Kandungan nilai-nilai model nuntut ngelmu yang terkait dengan etika terhadap Tuhan adalah beberapa ajaran atau petuah sebagai berikut:
a.  Serat Wedhatama mengajarkan bahwa agama merupakan pegangan hidup yang berharga (agama ageming aji)  (Pangkur bait ke 1).
b.  Ajaran tentang sebutan “orang tua” (wong tuwa, wong sepuh).Dia adalah orang yang memahami wahyu Allah, menguasai ilmu kesempurnaan, serta memahami makna dwitunggal (roroning atunggil, yaitu makhluk dan Khalik, titah dan yang menitahkan). Orang disebut “orang tua” bila ia tidak dikuasai hawa nafsu (lire sepuh sepi hawa) (Pangkur bait ke 12).
c.   Ajaran tentang pemahaman terhadap sukma (roh, namun ada yang memaknai Tuhan) (tan samar pamoring sukma). Caranya dengan diresapi dan direnungkan di kala sepi (sinuksmaya winahya ing asepi), di simpan di lubuk hati (sinimpen telenging kalbu), dalam keadaan antara sadar dan tidak sadar, bagaikan mimpi. Dalam kondisi demikian itu lah hadirnya rasa yang sejati. Jika mampu mencapainya, ia telah mendapatkan anugerah Tuhan. Ia mampu mencapai alam kosong (bali alaming ngasuwung), kembali ke asal mula (mulih mula mulanira), tidak mabuk dunia yang sifatnya kuasa-menguasai (Pangkur bait ke 13-14).
d.  Ajaran tentang corak keislaman yang tidak begitu islami. Hal itu tampak pada sindiran terhadap anak muda yang dianggap suka meniru Nabi (manulad nelad Nabi), hanya untuk pamer, sebelum bekerja singgah dahulu di masjid (saben seba mampir mesjid). Bagi pengarang, anak muda seperti itu hanya berkutat pada syariat dan tidak sampai pada hakikat (anggung anggubel sarengat, saringane tan den wruhi). Bahkan terungkap sinisme, jika berkhotbah berirama Dandanggula gaya palaran (kalamun maca kotbah, lelagone Dandanggendis, swara arum ngumandang cengkok palaran). Ia menghendaki keislaman yang tidak mendalam (sathitihik bae wus cukup), jangan bersemangat meniru ahli fikih (nelad kas ngepleki pekih) (Sinom bait ke 22-24).
e.   Ajaran yang cenderung pada pragmatisme, yaitu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bagi pengarang, dari pada mendalami agama, lebih baik mencari nafkah (ngupa boga). Berhubung ditakdirkan sebagai orang lemah, lebih baik mengabdi raja, bertani, atau berdagang (suwiteng nata, tani tanapi agrami). Dengan nada sarkastis terhadap diri sendiri, ia memberi alasan “ini karena saya orang bodoh, belum tahu cara hidup orang Arab” (padune wong dhahat cubluk, durung wruh cara Arab). Ia pernah menghadapi dilema, antara mengutamakan perintah agama atau pekerjaan (bot Allah apa Gusti, tambuh-tambuh solah ingsun). Pada masa mudanya ia rajin beribadah dan dalam hatinya ada perasaan takut menghadapi hari akhir (sawadine tyas mami, banget wedine ing mbesuk, pranatan ngakir jaman). Akan tetapi hal itu terhenti, karena alasan pekerjaan. Tidak sempat sembahyang, karena ketika dipanggil yang memberi makan, jika tidak segera menghadap akan dimarahi (nora kober sembahyang, gya tinimbalan, marang ingkang asung pangan, yen kesuwen den dukani) (Sinom bait ke 25-28).
f.    Ajaran tentang samadi atau meditasi, sehingga seseorang mampu melihat hakikat pribadinya sendiri secara jelas  (wosing jiwangga melok tanpa aling-aling), serta menerawang keadaan yang seakan tanpa batas (angelangut tanpa tepi). Demikian itu manusia yang luhur,  gemar menyepi (tuman tumanem ing sepi), mempertajam dan membersihkan jiwa (masah amemasuh budi), namun secara lahiriah tetap menjalankan tugas kewajibannya, bersikap rendah hati, dan senantiasa membuat senang hati orang lain (Sinom bait ke 30-32).
g.  Ajaran bahwa orang yang terpesona pada kehidupan ruhani (wus sengsem reh ngasamun), bersifat pemaaf dan  sabar. Dalam sunyi, hati yang jahat dapat ditenggelamkan oleh cinta kasih (karana karoban ing sih) (Pucung bait ke 35-37).
h.  Pandangan yang bernada sarkastis terhadap praktik keislaman kalangan muda, dengan ucapan: belum mampu tetapi berani memaknai lafadz seperti sayid dari Mesir (durung pecus keselak besus, amaknani rapal kaya sayid seka Mesir), aneh, tidak suka ke-Jawa-annya, memaksa diri mencari pengetahuan di Mekah (elok Jawane den mohi, paksa langkah ngangkah met kawruh ing Mekah). Sedangkan inti pengetahuan yang dicari itu ada pada diri sendiri. Asal mau berikhtiar, di sana dan di sini (Jawa) tidak berbeda (Pucung bait ke 38-41).
i.    Pandangan sepintas tentang teologi yang bersifat mistis, kurang relevan dengan nilai-nilai model nuntut ngelmu (Pucung bait ke 44).
j.    Ajaran tentang empat macam sembah (sembah catur), yaitu sembah raga, cipta, jiwa, dan rasa. Ajaran sembah raga yang dianggap sebagai tahapan akan memulai perjalanan (semacam thariqat) (amagang laku). Pembersihannya dengan air sebagaimana bersuci sebelum shalat lima kali sehari (sesucine asarana saking warih, kang wus lumrah limang wektu). Pada tahapan ini, orang tergesa-gesa ingin melihat cahaya Tuhan (kesusu arsa weruh, pan cahyaning Hyang), tetapi belum mampu. Tahapan ini disebut syariat, ritualnya dilakukan dengan tetap dan tekun. Ajaran sembah kalbu (cipta) yang jika dilakukan secara terus-menerus akan menjadi ritual (laku). Pembersihannya tanpa air, melainkan dengan mengendalikan hawa nafsu (sesucine tanpa banyu, hamung nyuda mring hardaning kalbu). Jika dilakukan dengan baik, orang akan berada pada suasana batin yang remang-remang atau sayup-sayup (tumalawung) dan terbukanya alam yang di atas. Pada tahapan ini syaratnya adalah sabar dalam segala tindakan dan terlaksananya dengan tenang, jernih, dan sadar (eneng, ening, eling). Ajaran sembah sukma, yaitu sembah yang dilakukan setiap saat dan merupakan perjalanan (ritual) terakhir (pepuntoning laku). Pembersihannya dengan waspada dan ingat (sadar) (awas, emut). Pemeliharaannya dengan membiasakan diri untuk menguasai dan merangkul tiga alam (yang dimaksud adalah: alam fisik, alam rasa, dan alam angan-angan). Selain itu, makrokosmos (jagad agung) digulung ke dalam mikrokosmos (jagad alit). Ajaran sembah rasa, yang dengan sembah ini akan mampu memahami hakikat (makna terdalam) dari kehidupan (sembah rasa karasa wosing dumadi). Tercapainya tanpa petunjuk, hanya dengan kesentausaan batin. Di sini tidak ada lagi was-was dan keragu-raguan, hanya percaya sepenuhnya pada takdir (wus ilang sumelanging kalbu, amung kandel kumandel ing takdir). Dipesankan agar jika belum mampu sampai pada tahapan ini jangan mengaku telah mampu, sebab akan mendapat laknat (Gambuh bait ke 48-72).

E.    Serat Wedhathama dan Relevansinya dengan Nilai-Nilai Ajaran Islam
      Dalam bait yang cukup populer, Serat Wedhatama mengajarkan bahwa agama merupakan pegangan hidup yang berharga (agama ageming aji). Namun pandangan keagamaannya bersifat mistis, pandangan keagamaan khas Jawa yang kerap kali menggunakan term-term Islam. Hal itu tampak pada ajaran tentang empat macam sembah (sembah catur), yaitu sembah raga, cipta, jiwa, dan rasa. Dengan sembah rasa, orang akan mampu memahami hakikat (makna terdalam) dari kehidupan (sembah rasa karasa wosing dumadi). Tercapainya tanpa petunjuk, hanya dengan kesentausaan batin. Di sini tidak ada lagi was-was dan keragu-raguan, hanya percaya sepenuhnya pada takdir (wus ilang sumelanging kalbu, amung kandel kumandel ing takdir). Ajaran yang bersifat mistis itu juga tampak pada ungkapan tentang ilmu kesempurnaan yang mengajarkan makna dwitunggal (roroning atunggil, yaitu makhluk dan Khalik, titah dan yang menitahkan).
       Serat Wedhatama mengajarkan tentang pemahaman terhadap sukma (roh, namun ada yang memaknai Tuhan) (tan samar pamoring sukma). Caranya dengan diresapi dan direnungkan di kala sepi (sinuksmaya winahya ing asepi), di simpan di lubuk hati (sinimpen telenging kalbu), dalam keadaan antara sadar dan tidak sadar, bagaikan mimpi. Dalam kondisi demikian itu lah hadirnya rasa yang sejati. Jika mampu mencapainya, ia telah mendapatkan anugerah Tuhan. Ia mampu mencapai alam kosong (bali alaming ngasuwung), kembali ke asal mula (mulih mula mulanira), tidak mabuk dunia yang sifatnya kuasa-menguasai.
       Serat Wedhatama mengajarkan tentang samadi atau meditasi, sehingga seseorang mampu melihat hakikat pribadinya sendiri secara jelas  (wosing jiwangga melok tanpa aling-aling), serta menerawang keadaan yang seakan tanpa batas (angelangut tanpa tepi). Manusia yang luhur gemar menyepi (tuman tumanem ing sepi), mempertajam dan membersihkan jiwa (masah amemasuh budi), namun secara lahiriah tetap menjalankan tugas kewajibannya, bersikap rendah hati, dan senantiasa membuat senang hati orang lain.
      Namun dalam beberapa hal, Serat Wedhatama ada juga tampak kurang sepaham dengan corak keislaman yang islami. Hal itu tampak pada sindiran terhadap anak muda yang dianggap suka meniru Nabi (manulad nelad Nabi), hanya untuk pamer, sebelum bekerja singgah dahulu di masjid (saben seba mampir mesjid). Anak muda seperti itu katanya hanya berkutat pada syariat dan tidak sampai pada hakikat (anggung anggubel sarengat, saringane tan den wruhi). Bahkan terungkap sinisme, jika berkhotbah berirama Dandanggula gaya palaran (kalamun maca kotbah, lelagone Dandanggendis, swara arum ngumandang cengkok palaran). Ia menghendaki keislaman yang tidak mendalam (sathitihik bae wus cukup), jangan bersemangat meniru ahli fikih (nelad kas ngepleki pekih).
       Pandangan yang bernada sarkastis terhadap praktik keislaman kalangan muda, dengan ungkapan: belum mampu tetapi berani memaknai lafadz seperti sayid dari Mesir (durung pecus keselak besus, amaknani rapal kaya sayid seka Mesir), aneh, tidak suka ke-Jawa-annya, memaksa diri mencari pengetahuan di Mekah (elok Jawane den mohi, paksa langkah ngangkah met kawruh ing Mekah). Sedangkan, katanya, inti pengetahuan yang dicari itu ada pada diri sendiri. Asal mau berikhtiar, di sana dan di sini (Jawa) tidak berbeda.
       Serat Wedhatama bahkan mengemukakan ajaran yang cenderung pada pragmatisme. Hal itu tampak pada pesan yang menyatakan bahwa dari pada mendalami agama, lebih baik mencari nafkah (ngupa boga). Berhubung ditakdirkan sebagai orang lemah, lebih baik mengabdi raja, bertani, atau berdagang (suwiteng nata, tani tanapi agrami). Dengan nada sarkastis terhadap diri sendiri, pengarang memberi alasan “ini karena saya orang bodoh, belum tahu cara hidup orang Arab” (padune wong dhahat cubluk, durung wruh cara Arab). Ia pernah menghadapi dilema, antara mengutamakan perintah agama atau pekerjaan (bot Allah apa Gusti, tambuh-tambuh solah ingsun). Pada masa mudanya ia rajin beribadah dan dalam hatinya ada perasaan takut menghadapi hari akhir (sawadine tyas mami, banget wedine ing mbesuk, pranatan ngakir jaman). Akan tetapi hal itu terhenti, karena alasan pekerjaan. Tidak sempat sembahyang, karena ketika dipanggil yang memberi makan, jika tidak segera menghadap akan dimarahi (nora kober sembahyang, gya tinimbalan, marang ingkang asung pangan, yen kesuwen den dukani).

Dalam serat wedhatama, menyebutkan, Setiap manusia wajib untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu itu bukan hanya bagi anak-anak dan pemuda saja. Bahkan orang tua pun wajib untuk menuntut ilmu.
Di serat Wedhatama bagian awal karya KGPAA Mangkunegoro IV, kita diingatkan untuk senantiasa tidak jemu-jemu ngelmu sejati. Ngelmu sejati seperti apa itu? Ngelmu sejati adalah untuk senantiasa mendekatkan diri pada Gusti Allah. Karena pada hakekatnya kita semua nantinya akan kembali kepada-NYA.  Disamping itu, KGPAA Mangkunegoro IV juga menjelaskan perbedaan sifat-sifat dan tanda dari orang yang berilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan orang yang tidak berilmu.
Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak ajaran dari KGPAA Mangkunegoro IV lewat arti dari serat Wedhatama Pupuh I Pangkur.
PUPUH I
P A N G K U R

01
Mingkar-mingkuring ukara, akarana karenan mardi siwi, sinawung resmining kidung, sinuba sinukarta, mrih kretarta pakartining ilmu luhung,kang tumrap ing tanah Jawa, agama ageming aji.

(Meredam nafsu angkara dalam diri, Hendak berkenan mendidik putra-putri, Tersirat dalam indahnya tembang, dihias penuh variasi, agar menjiwai hakekat ilmu luhur, yang ada di tanah Jawa (nusantara), agama hanyalah “pakaian” kehidupan.)
02
Jinejer ing Weddhatama, mrih tan kemba kembenganing pambudi,mangka nadyan tuwa pikun, yen tan mikani rasa, yekti sepi sepa lir sepah asamun,samasane pakumpulan, gonyak-ganyuk nglelingsemi.

(Disajikan dalam serat Wedhatama,agar jangan miskin pengetahuan walaupun sudah tua pikun jika tidak memahami rasa sejati (batin) niscaya kosong tiada berguna bagai ampas, percuma sia-sia,di dalam setiap pergaulan sering bertindak ceroboh memalukan.)
03
Nggugu karsane priyangga, nora nganggo peparah lamun angling,lumuh ingaran balilu, uger guru aleman, nanging janma ingkang wus waspadeng semu, sinamun samudana, sesadoning adu manis .

(Mengikuti kemauan sendiri, Bila berkata tanpa dipertimbangkan (asal bunyi), Namun tak mau dianggap bodoh,Selalu berharap dipuji-puji. (sebaliknya) Ciri orang yang sudah memahami (ilmu sejati) tak bisa ditebak berwatak rendah hati,selalu berprasangka baik.)
04
Si pengung nora nglegewa, sangsayarda denira cacariwis, ngandhar-andhar angendukur, kandhane nora kaprah, saya elok alangka longkangipun, si wasis waskitha ngalah, ngalingi marang sipingging.

(Si dungu tidak menyadari,Bualannya semakin menjadi-jadi,ngelantur bicara yang tidak-tidak,Bicaranya tidak masuk akal,makin aneh tak ada jedanya. Lain halnya, Si Pandai cermat dan mengalah, Menutupi aib si bodoh.)
05
Mangkono ilmu kang nyata, sanyatane mung we reseping ati,bungah ingaran cubluk, sukeng tyas yen den ina, nora kaya si punggung anggung gumunggung, ugungan sadina dina, aja mangkono wong urip.

(Demikianlah ilmu yang nyata, kenyataannya memberikan ketentraman hati, Tidak sedih dibilang bodoh, Tetap gembira jika dihina. Tidak seperti si dungu yang selalu sombong, Ingin dipuji setiap hari. Janganlah begitu caranya orang hidup.)
06
Uripa sapisan rusak, nora mulur nalare ting saluwir, kadi ta guwa kang sirung,  sinerang ing maruta, gumarenggeng anggereng anggung gumrunggung, pindha padhane si mudha, prandene paksa kumaki.

(Hidup sekali saja berantakan, Tidak berkembang, pola pikirnya carut marut. Umpama goa gelap menyeramkan, Dihembus angin, Suaranya gemuruh menggeram, berdengung Seperti halnya watak anak muda yang masih pula berlagak congkak)
07
Kikisane mung sapala, palayune ngendelken yayah wibi, bangkit tur bangsaning luhur, lah iya ingkang rama, balik sira sarawungan bae durung, mring atining tata krama, nggon-anggon agama suci.

(Tujuan hidupnya begitu rendah, Maunya mengandalkan orang tuanya,Yang terpandang serta bangsawan. Itu kan ayahmu! Sedangkan kamu saja belum kenal, akan hakikatnya tata krama dalam ajaran yang suci)
08
Socaning jiwangganira, jer katara lamun pocapan pasthi, lumuh asor kudu unggul, sumengah sesongaran,yen mangkono kena ingaran katungkul, karem ing reh kaprawiran, nora enak iku kaki.

(Cerminan dari dalam jiwa raga mu, Nampak jelas walau tutur kata halus, Sifat pantang kalah maunya menang sendiri Sombong besar mulut Bila demikian itu, disebut orang yang terlena Puas diri berlagak tinggi. Tidak baik itu nak!)
09
Kekerane ngelmu karang, kakarangan saking bangsaning gaib, iku boreh paminipun, tan rumasuk ing jasad, amung aneng sajabaning daging kulup, Yen kapengkok pancabaya,ubayane mbalenjani.

(Di dalam ilmu yang dikarang-karang (sihir/rekayasa). Rekayasa dari hal-hal gaib Itu umpama bedak. Tidak meresap ke dalam jasad, Hanya ada di kulitnya saja nak Bila terbentur marabahaya, bisanya menghindari.)
10
Marma ing sabisa-bisa, babasane muriha tyas basuki, puruitaa kang patut, lan traping angganira, Ana uga angger ugering kaprabun, abon aboning panembah, kang kambah ing siang ratri.

(Karena itu sebisanya,Upayakan selalu berhati baik. Bergurulah secara tepat Yang sesuai dengan dirimu, Ada juga peraturan dan pedoman bernegara, Menjadi syarat bagi yang berbakti,yang berlaku siang malam.)
11
Iku kaki takokena, marang para sarjana kang martapi, mring tapaking tepa tulus, kawawa nahen hawa, Wruhanira mungguh sanjataning ngelmu, tan mesthi neng janma wreda, tuwin muda sudra kaki.

(Itulah nak, tanyakan Kepada para sarjana yang menimba ilmu jejak hidup para suri tauladan yang benar, dapat menahan hawa Nafsu Pengetahuanmu adalah senjatanya ilmu, Yang tidak harus dikuasai orang tua, Bisa juga bagi yang muda atau miskin, nak!)
12
Sapantuk wahyuning Allah, gya dumilah mangulah ngelmu bangkit, bangkit mikat reh mangukut, kukutaning Jiwangga, Yen mangkono kena sinebut wong sepuh, liring sepuh sepi hawa, awas roroning ngatunggil.

(Siapapun yang menerima wahyu Tuhan, Dengan cermat mencerna ilmu tinggi, Mampu menguasai ilmu kasampurnan, Kesempurnaan jiwa raga, Bila demikian pantas disebut “orang tua”. Arti “orang tua” adalah tidak dikuasai hawa nafsu. Paham akan dwi tunggal (menyatunya sukma dengan Tuhan)
13
Tan samar pamoring Sukma, sinukma ya winahya ing ngasepi, sinimpen telenging kalbu, Pambukaning waana, tarlen saking liyep layaping ngaluyup, pindha pesating supena, sumusuping rasa jati.

(Tidaklah samar menyatunya sukma, meresap terpatri dalam keheningan semadi, Diendapkan dalam lubuk hati menjadi pembuka tabir, berawal dari keadaan antara sadar dan tiada, Seperti terlepasnya mimpi Merasuknya rasa yang sejati.)
14
Sajatine kang mangkono, wus kakenan nugrahaning Hyang Widi, bali alaming ngasuwung, tan karem karamean, ingkang sipat wisesa winisesa wus, mulih mula mulanira, mulane wong anom sami.

(Sebenarnya ke-ada-an itu merupakan anugrah Tuhan, Kembali ke alam yang kosong, tidak mengumbar nafsu duniawi, yang bersifat kuasa menguasai. Kembali keasal muasalmu, wahai anak muda)

F.    Kesimpulan
1.                 Serat Wedhatama merupakan karya sastra yang ditulis dalam bentuk tembang, yang dikategorikan dalam jenis tembang macapat. Adapun macamnya terdiri dari lima macam tembang (pupuh) serta jumlah pada/baitnya adalah : (1) Pangkur, terdiri  14 pada/bait; (2) Sinom, terdiri 18 pada/bait; (3) Pucung, terdiri 16 pada/bait. Serat Wedhatama adalah karya KPAA Mangkunegara IV (1811-1881, bertahta 1853).
2.                 Serat Wedhatama berisi nilai-nilai Konsep Tujuan Mencari Ngelmu yang tidak lain adalah tuntunan moral atau budi pekerti. yang dapat diklasifikasikan sebagai etika pribadi, etika sosial, dan etika terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.
3.                 Serat Wedhatama sebagian besar sesuai dengan semangat Islam, karena ruhnya memiliki nilai sebagai mana nilai yang Islam ajarkan walaupun dengan beberapa pengecualian
--------o0o---------



[1] Terjemahannya: Ilmu itu, harus diperoleh melalui laku (belajar) Dalam belajar niatnya harus kuat dan mantap Sabar tawakal untuk menghancurkan sifat angkara murka Anonim. Wedhatama Winardi. (Surabaya: Penerbit Citra Jaya Murti, 1993).hal. 21
[2] Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, (Jakarta: LP3ES, 1994), hal. 52.

[3] Anonim. Wedhatama Winardi. (Surabaya: Penerbit Citra Jaya Murti, 1993).hal. 21

[4] Suwarno. (2008). Sekar Macapat (Bahan Diklat Profesi Guru). Yogyakarta: UNY.hal. 8-9.